Dalam 3 Hari, Distan Karangasem Sudah Sebar 2.495 Vaksin Rabies

Dalam 3 Hari, Distan Karangasem   Sudah Sebar 2.495 Vaksin Rabies

KARANGASEM(inewsbalinusa.com) - Sudah berjalan selama 3 hari, Vaksinasi rabies massal di Kabupaten Karangasem sudah tersebar sebanyak 2.495 vaksin. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan, I Nyoman Siki Ngurah pada Kamis (9/3/2023). 

"Dari 13.641 vaksin Jenis Neoravivet yang akan disebar ke 17 Desa Prioritas, sampai kemarin (Rabu 3/8) sudah ada sebanyak 2.495 dosis yang berhasil disebar. Dan ini akan berjalan hingga 17 Maret mendatang,” katanya.

Ada sebanyak 50 orang petugas yang bekerja dilapangan untuk melaksanakan vaksinasi, dimana diantaranya terdapat dokter hewan. Mereka bekerja secara berkelompok, membagi tim dan melaksanakan vaksinasi sesuai dengan wilayah, dengan  populasinya.

Sementara, terkait kendala dilapangan, Siki Ngurah menyebut jika pihaknya masih kesulitan dalam mengedukasi warga agar mau untuk memvaksinasi anjingnya.

 "Seperti yang kita ketahui, petugas kami sedikit hanya 50 orang dan akan memvaksin lebih dari 13.600 ekor anjing kan kebayang itu. Nah kemudian yang namanya anjing di lapangan susah untuk ditangkap. Kemudian untuk anjing rumahan ada dua, ada masyarakat yang sadar dan yang kurang sadar sehingga ini yang perlu kita beri pemahaman pada mereka. Kadang-kadang kan orang berpikir anjingnya setelah diberikan vaksin kenapa-kenapa saking sayangnya," tandasnya.

Hal serupa juga dikatakan salah seorang dokter hewan yang bertugas dilapangan, Ayu Widiasari. "Kendala dilapangan kita, banyak anjing diliarkan, rumah kosong dan banyak rumah yang pelihara anjing namun tidak mempunyai pagar," Tandasnya.(Des)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

World News

نموذج الاتصال