Panen Raya Padi Bersama Para Petani, Bupati Dana Perkuat Pasokan Beras

Karangasem(inewsbalinusa.com)-Hamparan sawah yang menguning, mulai dipanen oleh Bupati Gede Dana bersama para petani di Subak Basangalas, Desa Tribhuana, Kecamatan Abang, Kamis, (9/3/2023) .


Kegiatan ini menjadi rangkaian dari agenda kerja guna mendorong ketahanan pangan masyarakat utamanya pada komoditas beras di Kabupaten Karangasem dan memperkuat pasokan beras di tengah masuknya musim panen raya padi 2023.


Panen Padi Nusantara ini juga serentak dilaksanakan mulai dari tanggal 09 Maret 2023 di masing-masing daerah se-Indonesia. Dimana diketahui Beras merupakan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk di Asia Tenggara, utamanya penduduk Indonesia.


Terlahir dari keluarga petani, membuat Bupati Gede Dana terbiasa melakukan berbagai kegiatan di areal persawahan, terlihat Bupati Gede Dana sangat lihai melakukan kegiatan panen tersebut. Selain itu Bupati Gede Dana juga bertekad untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.


Pada kesempatan tersebut Bupati Gede Dana nampak berbaur dan bercengkrama dengan para petani, dimana kegiatan ini diawali dengan panen padi, kemudian Perontokan padi menggunakan mesin power thresser, dengan menghasilkan 6,4 ton per hektar gabah kering giling.


Usai panen, Bupati Gede Dana menuturkan bahwa Panen Raya ini adalah bagian dari upaya Pemerintah mewujudkan swasembada pangan, selaras dengan hal tersebut sektor pertanian ini juga menjadi salah satu ujung tombak pembangunan dan potensi meningkatkan perekonomian berbasis kerakyatan.


“Pemkab Karangasem terus bertekad untuk meningkatakan kesejahteraan petani dan mengurangi memasok beras dari daerah lain dengan menjaga kualitas, ketersedian dan kestabilan harga gabah atau beras, begitu juga dengan sarana dan prasarana,” Terang Bupati Gede Dana. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

World News

نموذج الاتصال