Antusias, Kader Desa Digital di Desa Abang Ikuti Pelatihan Jurnalistik

InewsBaliNusa.com-Karangasem-Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam program desa cerdas P3PD sub komponen 2C2 di Desa Abang, Kecamatan Abang, Karangasem menggelar pelatihan jurnalistik, Rabu (15/5) di Balai Serbaguna Desa Abang. Diikuti oleh puluhan peserta dari kader desa digital, duta digital dan perangkat desa, pelatihan digelar untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik para kader digital. 

Pembina duta digital Desa Abang, Devimayanti mengungkapkan dalam pelatihan kali ini mendatangkan narasumber langsung seorang wartawan aktif, Desak Made Yunda Ariesta, kontributor MNC Media Karangasem. Pelatihan jurnalistik digelar dalam upaya meningkatkan kemampuan kader dalam keterampilan menyampaikan informasi lewat tulisan. Terlebih di era digital, informasi sangat mudah disebarluskan dan diakses, sehingga keterampilan dalam mengolah informasi menjadi sebuah karya jurnalistik dirasa sangat perlu. "Di Desa Abang juga sudah memiliki website dan akun media sosial aktif, sehingga hasil dari pelatihan kali ini diharapkan dapat diaplikasikan untuk mengisi konten website dan sosial media desa, " ujarnya. 

Lebih lanjut, Devi menuturkan banyak warga di Desa Abang yang tinggal di pelosok. Dengan keterampilan mengolah informasi menjadi berita, para kader digital dapat dengan mudah menyampaikan informasi desa lewat berbagi platfom digital. "Saat pelatihan peserta tampak antusias. Beberapa juga ada yang sudah mampu menulis keterangan foto dan lead berita, " papar Devi. 

Sementara itu, PJ Kepala Desa Abang, I Gede Sukayasa menyambut baik pelatihan ini. Ia mengungkapkan, dengan memiliki pengetahuan jurnalistik secara tidak langsung tidak akan mudah terpapar hoax. "Jaman sekarang informasi cepat tersebar lewat sosial media. Dengan belajar jurnalistik kita juga belajar mengenali mana berita bohong mana berita yang benar, " jelasnya. Ia berharap, pelatihan ini dapat digelar rutin dan menyeluruh ke warga lainnya. "Keterampilan ini sangat penting dimiliki oleh semua warga. Saya berharap ini rutin diadakan, " harapnya. (yun)

Narasumber, bersama para peserta foto bersama usai pelatihan, Rabu (15/5). Pelatihan jurnalistik digelar dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis. Dokumentasi Desa Abang 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

World News

نموذج الاتصال