Mantan Kepala Biro Perencanaan Bakamla RI, Wayan Warka, Daftar Bacalon Bupati Karangasem

InewsBaliNusa.Com-Karangasem- Jelang Pilkada Karangasem, banyak tokoh bermunculan dalam pendaftaran bacalon bupati di masing-masing parpol. Salah satunya mantan Kepala Biro Perencanaan Bakamla (Badan Keamanan Laut) Republik Indonesia, Laksamana Pertama TNI  Purn Dr. I Wayan Warka, M.M. Mendaftar sebagai bakal calon bupati Karangasem di Partai Demokrat pada jumat (17/5) lalu, pihaknya mengaku ini adalah bentuk perjuangan kembali untuk tanah kelahiran tercinta. 

Diterima langsung oleh panitia penjaringan di sekretariat DPC Demokrat Karangasem, Jalan Diponegoro Amlapura, pensiun yang kini menjadi dosen di Universitas Pertahanan Republik Indonesia ni bertekat maju menjadi karangasem satu, dengan membawa sejumlah visi perubahan. "Visi yang ingin dilakukan adalah mewujudkan Karangasem tangguh, 100 persen rakyat sejahtera, " ungkapnya dengan tegas. Salah satu  hal yang ia perjuangkan adalah tentang kemiskinan di Kabupaten Karangasem yang masih menjadi momok hingga kini. "Untuk mencapai target 100 persen rakyat sejahtera terbebas dari kemiskinan,  perlu dilaksanakan beberapa langkah  komprehensif dan berkelanjutan, yang melibatkan seluruh komponen, mulai dari  pemerintah daerah, masyarakat,  organisasi non-pemerintah, dan sektor swasta, " paparnya. 

Tak hanya itu, beberapa hal yang menjadi fokus dalam visi misinya diantaranya pendidikan, kesehatan, pencegahan sunting, kepemimpinan yang bersih dan berintegritas tinggi serta konservasi seni dan budaya berbasis Tri Hita Karana. Selain itu, pengembangan pertanian juga menjadi hal yang menurutnya harus dikembangkan. "Mendorong pembangunan pusat penelitian dan pengembangan, serta  pabrik untuk proses hilirisasi pertanian, " tegasnya. 

Pasca pensiun dari pengabdiannya sebagai TNI AL,  rasa cinta tanah air membuatnya ingin kembali mengabdikan diri di tanah kelahirannya. Pria asal Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Karangasem ini, memilih mendaftar di Partai Demokrat karena memiliki kesamaan visi. Diterima langsung ketua panitia penjaringan DPC Demokrat Karangasem, I Wayan Suparta untuk tahap selanjutnya akan berproses. (Yun) 


Daftar Riwayat Hidup 
Laksamana Pertama TNI (Purn) Dr.  I Wayan Warka, MM adalah putra  Karangasem, kelahiran Kubu,  61 tahun silam atau tepatnya 1 Januari 1963. 
Ia berkaritr di TNI Angkatan Laut sejak tahun 1990 hingga awal tahun 2022 dengan jabatan terakhir Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi di Badan Keamanan Laut.  Sebelumnya ia malang melintang di berbagai kesatuan, mulai dari Seskoal, Koarmatim, Markas Besar TNI AL, kormar dan Markas Besar TBI.
Setelah itu ia menjadi dosen tetap di Universitas Pertahanan Republik Indonesia  sejak 2018.
Ia menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di Karangasem, lalu melanjutkan pendidikan ke FKIP di Universitas Udayana. 
Wayan melanjutkan pendidikan pasca Sarjana di STIMI IMMI Jakarta dan meraih gekar Doktor  dari Universitas  Negeri Jakarta.
Sejak beberapa tahun lalu ia juga aktif di berbagai organisasi, di antaranya SOKSI, Paguyuban Karangasem Jabodetabek,  Yayasan Harapan Massa Depok dan  Banjar SDHD  Banjar Ciangsana Bogor. Saat ini tinggal di Bogor bersama istri, I Gusti Ayu Adnyanawati, SH dan kedua putrinya yang sudah menyelesaikan peddidikan tinggi mereka, yakni Ayu Diah Padnyanawati, S.TP, MM dan Dwi Putri Warkandawati, S.Kom. Mereka juga masih rutin pulang ke kampung halaman di Kubu, Karangasem.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

World News

نموذج الاتصال